* * * * * * * MAJALAH AREA edisi 93, "THE DOG ISSUE" sudah beredar * * * * * * * Untuk berlangganan majalah AREA silakan hubungi kami di 021 769 3571 / 72 * * * * * * * DOWNLOAD YOUR AREA MAGAZINE DIGITAN VERSION NOW. For detail click AREA MAGZ, HERE * * * * * * *

Wednesday, October 18, 2006

Navigator: TEBET, Kawasan Sejuta Pesona




Siapa yang tidak tahu Tebet? Kawasan strategis ini awalnya tempat ‘pengungsian’ penduduk Senayan yang rumahnya digusur. Tapi kini, Tebet berkembang menjadi tempat hang-out yang terkenal. Laila Achmad menunjukan beberapa tempat favorit.

THE DISTRIBUTION STORE (DISTRO)

Bloop
Jln. Tebet Utara Dalam No. 22, Jakarta Selatan, telp. (021) 829 1479.



Distro ini menyediakan apparel, tas, sepatu, dan aksesoris dari Bandung seperti BABO, Cosmic, dan 10dencies. Meski demikian, bestseller-nya tetaplah apparel Bloop sendiri.

Endorse
Jln. Tebet Utara Dalam No. 5, Jakarta Selatan, telp. (021) 837 92616 / 830 1076.
Endorse menyuguhkan berbagai merek lokal. Ingin mendapatkan kaset atau CD indie Indonesia? Cari disini. Ada juga kaos band indie seperti SORE, The Brandals, dan White Shoes & Couples Co. Teras distro ini menyediakan tempat duduk lengkap dengan bacaan koran, serta toko roti Nu Bread Lovers di sampingnya.

Nanonine
Jln. Tebet Utara Dalam No. 11, Jakarta Selatan, telp. (021) 8379 4487.



Suasananya tenang dengan desain ruangan simpel, serta menyediakan merek eksklusif seperti Satellite Castle dan Sixteen D’Scale. Tidak hanya menjual barang, Nanonine juga mempromosikan local wear scene dengan menggelar pameran secara bergilir.


THE BEAUTY SPOTS
Lutuye
Jln. K.H. Abdullah Syafi’i No. 45 A-C, Jakarta Selatan, telp. (021) 8370 6777 / 9.

Wardhani Health and Beauty Center
Jln. Tebet Barat Dalam No. 29, Jakarta Selatan, telp. (021) 831 3261.
Salon, spa, dan pusat kesehatan all in one. Variatif dari segi servis dan harga sehingga Anda dapat menemukan perawatan yang sesuai budget.

Toto Cosmetic
Samping kanan Pasar Tebet Barat



One of Tebet’s best hidden treasures. Toko kecil ini menyediakan ratusan pilihan parfum dan kosmetik dari merek ternama seperti Victoria’s Secret, Bvlgari, dan Calvin Klein dengan harga setengah harga retail-nya. Meski begitu, kualitas dan keasliannya terjamin.


THE CAKE SHOP
Cheesecake Factory
Gedung Sasendo Lt. 1 Blok C 8-9, Jl. Tebet Barat IV No. 20, Jakarta Selatan, telp. (021) 835 4735.


Pecinta cheesecakes dan chocolate cakes, inilah surga Anda, menggiurkan. Cheesecake Factory juga memanjakan pecinta es krim dengan Castello Homemade Ice Creams dengan 14 rasa. Terlepas banyaknya pilihan yang ada, bestseller toko ini Blueberry Cheesecake, Strawberry Cheesecake, dan Mix Fruit Cheesecake. Oktober ini, Cheesecake Factory akan pindah ke Jln. Tebet Barat Dalam Raya No. 23.

Cizz Cheesecake & Friends
Jln. Tebet Timur Dalam II No. 14, Jakarta Selatan, telp. (021) 831 3726
Selain menjual cheesecakes klasik, toko ini juga menawarkan rasa yang tidak ‘biasa’ seperti Keylime dan Cold Mint. Tapi pilihan favorit kami adalah Blueberry Cheesecake dan Cookies & Cream Cheesecake.

Raya Bakery & Pastry Shop
Jln. Tebet Raya, seberang Soto Kudus


The Creative Fact
ruangrupa
Jln. Tebet Timur Dalam Raya No. 6, Jakarta Selatan, telp. (021) 830 4220.
Berdiri sejak 2000, ruangrupa adalah salah satu organisasi seniman lokal paling kuat di Jakarta. Di tempat ini, seniman muda Jakarta rutin berkumpul dan mengadakan pameran, workshop, atau art projects berskala lokal sampai internasional. Want to know more? Silakan ‘tengok’ www.ruangrupa.org.

Hello;Motion
Jln. Tebet Raya 45 C, Jakarta Selatan, telp. (021) 8379 1952.
Bagi pecinta motion art, komunitas Hello;Motion adalah ‘sarang’ Anda. Anda bisa belajar macam-macam motion art melalui kursus bulanan animation, digital movie, motion graphic, editing, dan animation workshop. Ingin bergabung? Klik www.hellomotion.com atau datang langsung.

Stutgart
Jln. Tebet Barat Dalam IV No. 3, Jakarta Selatan, telp. (021) 829 1475.
Stutgart adalah singkatan dari Studio Tiga Tebet Barat Dalam Empat Nomor Tiga, design studio yang diprakarsai oleh ‘otak’ kreatif lulusan DKV Trisakti. Stutgart menghasilkan banyak karya dalam bentuk ilustrasi, print media, motion graphic, dan video presentasi. Jika ingin mengontak, buka www.stutgartproject.com.


The Food Heavens
De Jons
Jln. Tebet Utara Raya, seberang Endorse.
Kedai De Jons menyediakan burger, hotdog, French fries, milkshakes, dan sebagainya (Rp10.000-an untuk burger). Kedai ini favorit, maka tak heran jika ramai pengunjung.

Resto Mamink Daeng Tata
Jln. KH Abdullah Syafe’i, Tebet, Jakarta Selatan.
Siapa yang mampu menolak hidangan konro Daeng Tata? Hampir tidak ada. Semua tahu, Daeng Tata adalah tempat terbaik untuk menikmati sajian konro (iga sapi) khas Makassar. Favorit kami, Sop Konro dan Konro Bakar yang lezat. Anda bisa menyantap daging konronya saja, tapi bisa juga didampingi dengan buras (lontong Makassar). Jika ingin dessert, tersedia es palubutung, es pisang ijo, es Mamink, dan es Bugis. Konro Mamink Daeng Tata sudah habis di atas pukul 20.00-21.00. Jadi, lupakan diet dan nikmati konro-nya.

Bubur Ayam Sukabumi
Jln. Tebet Barat Dalam II No. 2, Jakarta Selatan, samping supermarket Superindo, telp. 831-2257.
Selain bubur ayam, makanan yang ditawarkan kedai ini di antaranya Chinese foods. Bubur Ayam Sukabumi murah dan buka 24 jam. Jadi, bagi para nightgoers yang bingung untuk mengisi perut jam 3 subuh, Anda dapat melangkah ke kedai Bubur Ayam Sukabumi.

Wafa Roti Bakar
Jln. KH. Abdullah Syafe'i, Tebet Timur
Dekat Dunkin Donuts/Snappy Tebet, di belakang SMP 115 Tebet.
Tempat roti bakar yang cukup legendaris di Tebet. Mereka menjual menu standar, tapi rasa dan harganya, hmmmm...

Soto Gebrak
Jln. Tebet Utara I No. 54C.
Jika Anda latah, jangan makan di tempat ini! Anda bisa kaget dengan bunyi botol kecap yang digebrakkan ke meja setiap sang empunya warung menerima pesanan. Tapi, itulah keunikannya. Soal rasa, tambah enak jika ditaburi poya.

Ayam Bakar Kalasan Mas Mono
Jln. Tebet Raya No. 57, telp. (021) 928 11166.
Tempatnya kecil, tapi rasa ayam bakar kalasannya cukup menghebohkan lidah.

Pasar Tebet Barat
Tebet tidak punya mal atau departement store, tetapi Tebet mempunyai pusat perbelanjaan yang tidak kalah menyenangkan, yaitu Pasar Tebet Barat. Sekali-kali, telusuri pasar ini dan temukan hidden treasures dengan harga sangat murah. Soal tempat makan, Pasar Tebet Barat adalah surganya pecinta jajanan. Berikut tempat makan favorit kami:

Mie Ayam Bakso Yunus
Remaja 80-an yang gemar nongkrong pasti tahu the infamous Mie Yunus.

Mie Bangka Tebet Barat
Spesialisasinya mie ayam toge, plus bakso pipih dan otak-otak.

Ketupat Sayur Uni Linda
Ketupat sayur ini terletak di lantai 2 dan rasanya pedas dan mengigit.


MISCELLANEOUS
Solusi Toolshop



Jln. Tebet Barat Dalam Raya No. 104-A, Jakarta Selatan, telp. (021) 829 7383.


Toko ini berkonsep swalayan, namun barangnya berbagai alat teknik, pertukangan, dan listrik. Pokoknya lengkap! Harganya? Lebih murah dibanding toko hardware di mal besar.

A very, very special thanks to Ade Darmawan & Reza Asung.

Send E-mail to AREA

4 comments:

Anonymous said...

Warga Tebet Barat 8 kayak taik semuanya

Lagi enak2x parkir, tahu2x gw di samperin hansip baju ijo sambil nyodorin edaran (http://www.yourpicbox.com/images/ojWAkEMyX24209.jpg). Intinya gw gak boleh parkir disitu. Busyet dah, ini pasti kerjaan para orang kaya belagu yg menghuni spanjang jalan yg di maksud (lihat edaran). Di daerah Tebet, banyak ruas jalan yg ramai macet pada jam jam tertentu, tapi gak ada tuh aturan gak boleh parkir sgala. Namanya hidup bersosialisasi yah wajar lah susah nyari lahan parkir kayak Jakarta. Kalaupun ada parkir resmi seperti yg di sebut di edaran itu, lahannya kecil sekali. Belum apa apa udah penuh. Masak yg gak dapat parkir musti keliling kompleks cuma gara2x gak boleh numpang parkir? Masak numpang parkir aja gak boleh? Emang nya itu jalan moyang lu apa? Pake bawa bawa pengacara dan polisi sgala (lihat tembusannya). Jadi gitu yah cara elu elu semua (warga yg ngedumel di edaran itu). Dari sekian area di kelurahan dan kecamatan itu, cuma warga di jalan itu aja yg norak dan keberatan ada mobil parkir disitu. Padahal jalan lain (masih di Tebet) malah ada yg lebih ramai dan lebih macet dari jalan itu, tapi warganya biasa biasa aja, gak norak pake sok melarang larang kaya gitu. Udah maklum semuanya. Salah lo sendiri lah, kalo mau lingkungan yg sepi dan gak macet, jangan tinggal di Jakarta donk, dasar goblok. Tinggal aja di udik sono. Kalo tinggal di Jakarta, yah harus maklum lah, gak usah nyodok nyodok sok melarang larang pake pengacara sgala. Warga Tebet lainnya gak over acting tuh, baik baik, mengijinkan mobil parkir disitu, asal gak menghalangi pintu garasi. Somse banget sih, mentang2x bisa bayar pengacara. Awas lu ntar malam malam gw sambit pake batu jendela rumah lu lu pada.

Sebenarnya ada lagi warga katro sok punya kuasa. Dia tinggal di Tebet Barat Raya, persis di perempatan jembatan kali yg ada taman tempat orang biasa buang sampah dan lari pagi disitu. Bahu jalan untuk umum, ama dia di pager pake besi dan pernah sekali waktu di taruh anjing disini. Rakyat kayak gw terpaksa jalan di aspal, dan itu bahaya lah. Lahan publik kok di akui milik pribadi? Mungkin pernah kemalingan atau apa tuh orang, sukurin lo. Makanya jangan sok eksklusif gitu. Duit banyak gak ada artinya kalo udah di benci ama rakyat. Gak bakal tenang deh hidup lo.

Arogansi kayak gini musti di sebarluaskan, biar gak di contoh ama warga lain, termasuk di lingkungan anda. Ingat, itu jalan umum, bukan jalan moyang lu. Gak ada hak melarang larang kayak geto. Dasar orang kaya taik.

warga jakarta juga said...

Waduh yang numpang parkir malah yang
marah marah hehe ini
namanya masyarakat sudah mulai
tau hak-haknya.
Penghuni memang berhak melindungi
jalanannya.
Penghuni berhak utk melapor ke
RT atau yang lebih tinggi
kalau ada yg mengganggu atau
mencurigakan.
Penghuni dimana saja tidak
harus di jakarta/indonesia
berhak menginginkan tempatnya
bersih dari warung2 liar,
sepi dari orang-orang yg
parkir dan berhak atas
keamanan lingkungannya.
Ikut berhak melarang orang jualan, orang pasang iklan, orang buka usaha tanpa izin,

nadiaananda said...

Makasihhh,, akhirnya aku tahu juga deh se sangat bermanfaat,, thanks

Anonymous said...

Parkir tu di tempat parkir bkn d jln orang bodoh fuck